Membongkar Identitas Poconggg

June 25, 2011 at 16:20 8 comments

Sebaiknya kalian ngga usah baca post blog ini. soalnya gue nulis ini tanggal 25 Juni 2011, sementara identitas asli poconggg udah ketauan, dan analisis gue di blog post ini terbukti salah. but it’s okay, soalnya gue mencoba ngebongkar identitas dia berdasarkan tweet-tweet dia doang. dan gue anggep, itu cara yang cukup gentle ketimbang ngebayar 500ribu demi ngebeli informasi tentang siapa itu poconggg.

so, seperti yang gue bilang, isi post dan segala analisis gue di sini terbukti salah dan ga akurat, tapi kalo kalian masih tetep mao baca. it’s up to you guys 🙂

***

Ada yang kenal pocong? Tentunya gaada yang mao kenal sama pocong beneran. Yang berkafan putih, melompat diagonal dan bermuka serem *film abis*

Pocong yang satu ini beda. Dia adalah manusia, yang menjadi pocong. *apa bedanya coba* haha
His name is poconggg. Harus pake 3 huruf “g” terakhirnya. Inilah yang ngebedain dia dengan pocong-pocong lainnya.

***

Para pengguna twitter pasti udah ga asing lagi sama si poconggg. Yup, akun twitter si poconggg, @poconggg sukses menjadi salah satu akun paling fenomenal saat ini.
Followernya kalo ga salah udah 400ribu lebih. Uniknya dia ga ngefollow satu orangpun.

Kenapa akunnya bisa laris manis difollow banyak orang–yang sebagian besar abege–sementara identitas aslinya pun tiada yang tahu? Itu karena tweet-tweet si poconggg yang isinya ngablak ga karuan dan kocak.
Poconggg paling seneng mengumbar kisah cintanya yang pilu (baca: jomblo ngenes)

Alrite, selanjutnya yang mau gut tulis adalah hasil analisa gue mengenai kemungkinan siapakah itu poconggg. Cekidot.

***

Kita mulai dengan institusi pendidikan dimana si poconggg asli bersekolah/kuliah.

1.Poconggg adalah mahasiswa, soalnya sempet beberapa kali dia ngomongin beratnya kehidupan kuliah. Mungkin aja sih dia anak SMA, tapi anak SMA mana sih yang ngerti betapa beratnya kuliah kalo dia belom pernah kuliah.

2.Poconggg adalah mahasiswa Universitas Indonesia. Yep, seringkali “UI” nongol di dalam tweetnya, entah pas dia lagi update sarapan, makan siang, lagi solat, atau ngapain. Beberapa tweet tersebut menunjukkan ada kemungkinan dia anak UI. Cuma prediksi doang sih tapi.

Oke. Sekarang sudah ada sedikit gambaran tentang siapa itu poconggg. Dia anak UI, dan menurut Wikipedia, jumlah mahasiswa UI ada sekitar 30ribuan orang, kita bulatkan menjadi 30ribu aja. Jadi poconggg merupakan satu dari 30ribu mahasiswa UI.

Next

3. akun @Poconggg itu merupakan akun individu, bukan kelompok. Dari gaya ngetweetnya yang konsisten, kemungkinan besar akun poconggg dimiliki oleh satu orang aja dan bukan akun keroyokan. Jadi poconggg asli itu adalah seorang manusia dan bukan sekelompok manusia.

4. Poconggg itu lelaki. Sebenernya sih mungkin aja kalo poconggg asli adalah seorang perempuan, tapi gue sempet ngeliat postingan dia di poconggg.com, yang menggambarkan kecabulan dia (post yang tentang kelulusan SMA itu), doi juga menggunakan kata “tetek” tanpa sungkan-sungkan. Dari sini, kita bisa nebak kira-kira poconggg asli adalah cowo normal yang rada pervert, tweet2nya dia juga menunjukkan itu. Kemungkinan kecil dia adalah wanita, tentunya wanita yang secara psikologi sangat cerdas dan bisa berkamuflase menjadi lelaki.

Oke men, dari sini gue dapet pencerahan. Poconggg adalah seorang lelaki diantara 30ribu mahasiswa UI. Gue ga terlalu yakin berapa rasio perbandingan cewe dan cowo di UI tapi kira-kira 1:3 bisajadi. Jadi pocong adalah satu dari sepuluhribu mahasiswa lelaki di UI.

Next

5. Poconggg asli adalah seorang Muslim. Yap, sedikit berbau SARA, tapi ini analisa doang kok. Tweet-tweet poconggg pada Jum’at siang nyaris berbau solat Jum’at. Biasanya sih tentang sendal-sendalan haha. Bisa jadi juga dia non-muslim. Tapi rasanya aneh aja seorang non-muslim memposting tentang situasi solat Jum’at.
Nah, dari 10ribu mahasiswa lelaki ini, kira-kira yang Muslimnya ada sekitar 8ribuan mungkin (sekali lagi, cuma perkiraan).

Jadi perkiraan yang kita punya saat ini adalah: Poconggg asli merupakan seorang lelaki Muslim yang berkuliah di Universitas Indonesia.

Lanjut…

6.Poconggg adalah murid UI Depok dan bukan UI Salemba (kedokteran). Masih spekulasi sih sifatnya, tapi waktu itu pas pembukaan perpus baru, dia ngetweet lagi mao solat Jum’at di MUI Depok terus mao nyobain perpus baru. Nah, kalo dia anak UI Salemba, ngapain dah jauh-jauh solat ke MUI Depok.

7. Poconggg merupakan mahasiswa tingkat akhir. Lagi-lagi spekulatif, tapi kuat dugaan gue, Poconggg adalah mahasiswa semester atas yang entah lagi berjuang menyusun skripsi atau apa. Yang jelas dia bukan angkatan 2010 atau 2009. Kemungkinan dia mahasiswa angkatan 2008, 2007, 2006. Berhubung dia belum lulus berarti kita persempit menjadi angkatan 2008 dan 2007.

8. Poconggg adalah pengguna blackberry. Yang ini semua followernya sih pasti tau. Nah, blackberry ini jujur aja, masih termasuk barang lumayan mahal buat mahasiswa UI, ga semua orang bisa punya. Kira-kira poconggg adalah mahasiswa yang cukup berada, dan sepertinya tidak minta keringanan biaya kuliah, sih, soalnya gaya hidupnya juga hedon dikit.

Nah, poin 6,7,8 semakin memperjelas siapa itu poconggg sebenarnya. Dari poin 6, kira-kira dia adalah mahasiswa lelaki beragama Islam yang berkuliah di UI Depok, bukan Salemba. Gue gatau ada berapa mahasiswa pria yang muslim di UI Salemba, tapi bisalah kita cut sebanyak 500 orang sehingga kita dari poin 6 kita bisa tau bahwa poconggg adalah salah satu dari 7500 mahasiswa lelaki beragama Islam yang kuliah di UI Depok *rada panjang ya*

Poin 7 makin mempersempit rasio perbandingan ini. Jumlah 7500 orang mahasiswa laki-laki muslim ini dibagi ke dalam angkatan 2010, 2009, 2008, 2007, 2006, dll (s2, s3,). Kalo berdasarkan analisa gue tadi, berarti kita harus ngebuang angkatan lain selain 2007 dan 2008. Yap. Dari 6 angkatan yang ada di UI, tinggal sisa dua. Secara matematis berarti 2/6 x 7500 = 2500 !
Yeah, sehingga kini statementnya: poconggg adalah satu dari 2500 mahasiswa lelaki beragama Islam yang berasal dari angkatan 2007 atau 2008 yang berkuliah di UI *gubrak, tambah panjang*.

Next, poin 8. Blackberry. Dari 2500 orang ini, ada berapa yang menggunakan blackberry? Sulit dijawab, tapi paling engga menurut gue, sepertiga laki-laki muslim angkatan 2007 dan 2008 adalah pengguna blackberry *spekulasi doang*. Jadi kita persempit: 1/3 x 2500 = 833,33.. Kita bulatkan jadi 800 orang. Nah, kebetulan, kalo ga salah poconggg sempet ngetwitt pake MacBook (gue gatau punya dia atau bukan, tapi berhubung poconggg orang yang berada, kemungkinan besar emang beneran punya dia).
Nah, MacBook kan barang langka di UI(gara-gara mahal), otomatis ga banyak yang punya. Ya, bisalah kita kira-kira, dari 800 orang itu, paling cuma 1/8nya yang punya. So, angkanya mengecil menjadi 100 orang.
Mari gue tuliskan kalimat statementnya: “Poconggg asli merupakan satu dari 100 mahasiswa lelaki beragama Islam yang berasal dari angkatan 2007 atau 2008 yang berkuliah di UI Depok dan memiliki Blackberry serta MacBook.

Mumet bacanya? Gue juga hahaha

Selanjutnya gue bingung apa yang harus dianalisa. Karena nampaknya hampir semuanya udah gue bahas di sini. Mungkin domisili si poconggg. Kemungkinan besar dia tinggal di Jakarta Selatan. Soalnya tongkrongan dia di Jaksel mulu, macem PIM gitu. Tapi sialnya, menganalisa dari domisili tuh susah.

Hmm, ada suatu kejanggalan. Kalo poconggg orang yang berada, tajir pula, kok dia jomblo ya? Nah dari 100 orang yang ber-blackberry ini kira-kira ada berapa yang senasib sama poconggg (baca: nasib jomblo) ? Dugaan gue, cuma ada sekitar 30 orang-an yang senasib sama poconggg.

Sebenernya gue pengen bikin prediksi pamungkas gue, yaitu mengenai fakultasnya si poconggg asli ini berkuliah. Kalo yang ini gue ga bisa prediksiin secara pasti, tapi kemungkinan Poconggg itu berasal dari FPsi (Fakultas Psikologi), FIB (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya), FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik).
Bukan bermaksud mendiskreditkan fakultas lain, tapi kalo melihat gaya pengunaan bahasa si poconggg yang komunikatif serta ‘cerdas’, kayaknya sih 3 fakultas ini yang memungkinkan poconggg bisa menjadi se-komunikatif itu. Dari tweetnya gue liat ada unsur psikologi, unsur sastra, unsur komunikatif-persuasif.
Kalo ada yang nanya, “kenapa bukan, FH?” Gue sih berpatokan sama tweet dia pas cerita horror tentang FH UI, dari tweetnya itu, gue paham kalo poconggg bukan penghuni FH.

Bisa juga sih fakultas lain. Hmm, tapi kecil peluangnya. Kalo yang mao ngubek poconggg, bisalah mampir ke UI terus ngecek di FPsi, FIB, dan FISIP haha.

Kalimat pamungkas dari gue:

Poconggg asli merupakan satu dari 30 mahasiswa lelaki single beragama Islam yang berasal dari angkatan 2007 atau 2008 yang berkuliah di UI Depok serta memiliki blackberry dan Macbook; dan ada kemungkinan kalau ia adalah mahasiswa Fakultas Psikologi atau Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

—-Jakarta, 25 Juni 2011—

nb:

ada sedikit tambahan, tapi belum bisa diverifikasi.

9. poconggg asli mengendarai mobil ke kampusnya. yap, tapi menurut gue, 30 orang yang dikategorikan tajir ini, sepertinya semua pergi ke kampus pake mobil.

10. ada yang bilang, poconggg pernah menyampaikan statement kalo dia anak FH UI. tapi so far gue ga pernah tau apakah kabar ini benar.

11. bisajadi poconggg adalah anak SMA93. ngeliat dari tweet dia tempo hari–sekitar 14 Juli.

***

Nah, udah gue bilangin supaya jangan baca haha. ngaco semua kan? tapi gapapa, sekalipun ngaco tapi gue menggunakan cara yang gentle dan fun dalam proses analisis yang gue lakukan. dan ga peduli siapa itu poconggg, doi tetep poconggg yang kita idolakan. so guys, let’s support poconggg. #pocongggforpresident lol

Entry filed under: Pemikiran Bebas. Tags: , , , .

Gang Bank; Sebuah Prolog Slam Dunk: Shohoku

8 Comments Add your own

  • […] Muda-mudi Indonesia pengguna jejaring sosial khususnya Twitter sepertinya hampir tidak pernah tidak tahu dengan akun @poconggg. Namun, nampaknya hampir keseluruhan dari mereka tidak tahu siapa empunya akun nan fenomenal ini. Oh iya, ini ada prediksi menarik dari teman saya mengenai siapa itu @poconggg, klik di sini. […]

    Reply
  • 2. Harisuddin Hawali  |  September 5, 2011 at 22:23

    hahaha…. banyak banget analisisnya.
    gw heran tiba-tiba jadi bawa-bawa harta gitu… hahaha kocak abis.

    untuk poin 8, peduli amat dia punya BB ato macbook, temen2 gw juga punya BB atau macbook.

    but I like it, good job!

    sincerely,
    admin Blog Pentinggak

    Reply
    • 3. decaires  |  September 7, 2011 at 21:03

      iya, meskipun analisis gue disini terbukti salah. at least gue udah berusaha dengan cara yang fair hahaha

      salam, Decaires.

      Reply
  • 4. poconggglover  |  September 9, 2011 at 14:02

    Kalo yang kapan hari nge-hack account nya tau ga siapa? Dan kenapa di hack?:p

    Reply
    • 5. decaires  |  September 21, 2011 at 23:23

      wah, kalo yang itu, gue ga tau hehe

      Reply
  • 6. JamesPsiko07  |  September 27, 2011 at 14:31

    yang jelas dia bukan cowo’ psikologi 2008 atau 2007…

    karena gak ada cowo’ psikologi 2008 dan 2007 yang punya mac book 😀

    Reply
  • 7. Jizz Dancer  |  October 28, 2011 at 22:04

    hahah.. kakak pocong

    Reply
  • 8. Cerita Slam Dunk | fredric09  |  November 3, 2012 at 10:13

    […] Membongkar Identitas PocongggPerbincangan Tolol […]

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

June 2011
M T W T F S S
    Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

