Perbincangan Tolol

July 1, 2011 at 12:19 1 comment

Matahari akan selalu setia bersinar. Sekalipun kita ga meminta.

***

“Udahlah, berenti. Ngapain lagi lo ngelakuin hal tolol macem itu.” Ujar seorang pemuda tanggung kepada temannya.

“Berenti? Nanggung ah, udah halfway done.” Balas temannya.

“Gue ga ngerti sama pemikiran lo. Lo tuh aneh, udah punya duit segudang, tajir, tapi masih aja rajin kuliah. Selalu bangun pagi pula. Lo tuh udah ga perlu ilmu. Ilmu itu kepake buat nyari duit doang di jaman kayak sekarang” Ceramah si pemuda tanggung kepada temannya.

“Oh ya? Hmm.. Lo orang ke-13 yang ngomong kayak gitu.”

“Ke-13? Nah, berarti 12 orang itu sama rasionalnya kayak gue. Asal lo tau, naif sama idealis tuh bedanya tipis.”

“Naif? Idealis? Coba lo jelasin deh, gue ga ngerti.”

“Naif itu berarti lo dungu, goblok, pe’a. Lo ngelakuin sesuatu buat ngarepin hasil yang belom pasti lo dapetin. Contohnya cowo yang bela-belain pacaran sama cewe matre. Dia rela ngelakuin apa aja asalkan tuh cewe bisa bahagia dan bisa cinta sama dia. Tanpa dia sadar hartanya dikuras ama si cewe matre.” Jawab si pemuda tanggung.

“Hooo, gitu toh. Terus kalo idealis, pegimana maksudnya?”

“Idealis itu orang yang setia sama prinsip hidupnya dan ga nyoba-nyoba dilanggar. Contohnya ya orang-orang yang jadi korban gara-gara ideologi politiknya pas orba. Dan masih banyak lagi coy.” Urai si pemuda tanggung singkat.

“Jadi, lo mao masukin gue ke kategori yang mana?” Timpal temannya.

“Errr, sepertinya sih elu seorang naif yang mengarah ke idealis, men.”

“Hahaha. Berarti kalo sesuai uraian lo tadi, gue ini dungu dong?” Tanya si temannya

Pemuda tanggung diam. Dia tidak bisa menjawab apa-apa. Dia tidak mungkin mengatakan temannya adalah orang dungu. Karena temannya ini merupakan seorang yang cerdas. Dia tahu betul hal ini, karena sudah 12 tahun lebih mereka bersahabat.

“Kok lo diem aja sih? Jawab donggg.”

“Engga deh. Lupain aja yang tadi gue bilang. Gue asal nyeplos doang tadi.” Balas si pemuda tanggung.

“Oh, dude. You’re so inconsistent. Hahaha. Yaudah deh lupain aja perbincangan goblok kita yand tadi.” Balas si temannya dengan sedikit tertawa.

“Let’s have some beer. Will you?” Ajak si teman kepada pemuda tanggung.

“Okay, man. I’m ready to get drunk. Hahaha”

Mereka berdua pun tertawa dalam dingin dan gelap malam. Sinar mata mereka masih sama seperti dulu. Menggambarkan kesederhanaan dalam persahabatan.

***

“Gue ga ngerti kenapa di dunia harus ada terang dan gelap. Kenapa malem harus dinamain malem, dan identik sama gelap. Kenapa siang itu selalu identik sama terang. Dan kenapa matahari selalu bersinar padahal ga kita minta.” Ujar si pemuda tanggung penuh rasa heran.

“Eh jir, lo aneh bener. Belom juga mabok, omongan lo udah ga karuan gitu hahaha. Ngapain juga lo pertanyain. Toh kita hidup padahal kita ga pernah meminta untuk dilahirkan ke dunia ini.” Jawab temannya.

“Ah, iya juga sih. Tapi gue heran deh. Kok Tuhan nyiptain alam semesta ini sih? Mao ngapain dia emangnya? Terus Tuhan itu yang nyiptain siapa dah, kok dia tau-tau bisa ada?” Tanya si pemuda tanggung, lagi.

“Pertanyaan lo bagus nih. Sayang gue gabisa jawab. Selama kuliah gue ga pernah dapet pelajaran yang bisa ngejawab ini semua. Tapi, sebenernya sih lo ga perlu ngepertanyain hal aneh kayak gitu.”

“Yah, kan hak manusia buat mempertanyakan sesuatu. Rasa ingin tahu kan sifat alami manusia.” Balas si pemuda tanggung.

“Gini, sob. Gue jelasin pelan-pelan ya. Lo dan gue. Kita ga bisa tahu siapa yang akan mati lebih dulu. Ga ada yang tau umur kita mentok pada angka berapa. Lo mungkin bisa bilang, sampe umur 80an kalo sehat. Eh gataunya pulang-pulang dari sini lo kesamber petir di jalan. See? Ada banyak misteri kehidupan di jagad raya ini. Jangankan lo mau ngebongkar identitas Tuhan atau apa. Lah, hidup lo aja masih belom jelas kan kedepannya gimana. Bullshit banget kalo ada orang yang ngerencanain hidupnya sampe sedetail mungkin. Umur 20 mau begini, umur 40 mau begini. Hidup ini spontanitas. Bukan cuma planning tai kucing semata.” Jawab si teman pemuda tanggung.

“Ga mungkin, ah. Kan pasti selalu ada jawaban dari semua pertanyaan. Itu yang gue yakinin.” Timpal si pemuda tanggung.

“Silahkan, kalo itu yang lo yakinin. Ga masalah kok.”

“Eh, gue nanya lagi deh. Kenapa di hidup ini ada kebahagiaan dan penderitaan?” Tanya si pemuda tanggung.

“Negatif. Gue ga punya jawaban yang pasti. Tapi dari apa yang gue yakinin, yang namanya penderitaan sama kebahagiaan itu engga ada.”

“Engga ada? Yang bener lo sob?hahaha.”

“Lo pernah menderita?” Tanya si teman

“Pernah.” Jawab pemuda tanggung.

“Kapan dan bagaimana?”

“Dulu. Pas gue mao nyoba masuk Perguruan Tinggi Negri tapi ga keterima. Padahal gue udah ngeles mati-matian segala macem.”

“Jadi, gara-gara itu lo menderita dan mutusin buat ga kuliah kayak gini?”

“Iya, begitu kira-kira.”

“Emang lo berani jamin, kalo lo keterima di Perguruan Tinggi Negri lo bakal ga menderita?”

“Errr, engga tau sih, tapi kira-kira begitu.”

“Next, terus kapan dan bagaimana lo bahagia?”

“Waktu cinta gue diterima sama Alika coy. Heppy bener itu.”

“Hmm, itu 5 bulan yang lalu kan? sekarang lo sama dia gimana?”

“Ya, lo taulah, gue udah putus sama dia, ternyata dia manfaatin gue doang. Seperti yang tadi di jalan gue bilang. Gue bukan cowo naif.”

“Oke, jadi buat lo, bahagia lo itu cuma sesaat ya.”

“Iya men haha.”

Teman si pemuda tanggung itu berdiam sejenak, menghela nafas, kemudian melanjutkan ‘ceramahnya’.

“Tuh, lo bisa ngeliat sendiri, kebahagiaan lo merupakan awal dari penderitaan lo. Dan penderitaan lo bisajadi adalah awal dari kebahagiaan. Aneh, kan? Maka dari itu gue berani bilang kalo dua hal ini tuh engga pernah ada. It just a feeling aja. Cuma sugesti. Kalo lo bener-bener bahagia, lo ga harus menderita. Kalo lo bener-bener menderita, lo ga akan nemuin kebahagiaan. Paradoks. Anggep aja ga pernah ada.”

“Ah, gabisa gitu dong, masa gara-gara gitu doang lo bilang dua hal itu gaada?”

“Hahaha jadi serius gitu lo nanggepinnya. Ngapain sih lo pusingin. Jalanin aja men. Kalo lo ngerasa apa yang gue bilang tadi salah, lo ngga harus ngebuktiin kalo gue salah, kan? Apa yang baik buat lo belom tentu baik buat gue. Begitu juga sebaliknya. Hidup lo pilihan lo. Lo cuma ga boleh menyesali apa yang udah lo pilih. That’s it.”

“Iya deh, mahasiswa beda emang omongannya hahahaha.” Tutup si pemuda tanggung.

Kemudian mereka menghabiskan malam panjang itu dengan bermabuk ria. Yeah, perbincangan yang tolol memang.

____Jakarta, 1 July 2011____

Entry filed under: Prosa.

Slam Dunk: Shohoku Gang Bank: #0 Is This Paradise?

1 Comment Add your own

  • 1. Cerita Slam Dunk | fredric09  |  November 3, 2012 at 10:13

    […] Membongkar Identitas PocongggPerbincangan Tolol […]

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

July 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

