Gang Bank: #0 Is This Paradise?

July 2, 2011 at 14:16 Leave a comment

_cerita ini hanya fiksi belaka, yang disusun dari berbagai pengalaman hidup yang nyata. jika ada kesamaan nama tempat dan lain-lain, saya mohon maaf, karena itu tidak disengaja, mohon tidak tersungging dengan tulisan dibawah ini._

Hell-o. Kenalin, nama gue Kobo. Gue gatau apa arti nama gue, entah ortu gue pas ngidam baca komik kobo chan atau apa, gue gatau. Umur gue.. Hmm.. Segitu lah kira-kira. Ga tua, ga muda. Sedeng. Itu aja perkenalan singkat gue. Kalo mao kenal gue lebih lanjut silahkan hubungi customer service anda masing-masing hehehe.
Okey, apa yang mao gue tulisin selanjutnya di bawah ini adalah kisah masa SMA gue. Mari kita mulai.

***

Juli 2006.
Gue gatau harus bahagia atau apa. Karena mulai bulan ini gue akan menyandang status pelajar SMA. Kata orang sih, masa SMA tuh masa-masa yang paling indah. But, how could I know?..
How could I live without you
How could I breath without you.
#malahkaraoke #salahtempat

Yep. Senengnya ya karena gue bisa pake celana panjang. Nomore celana pendek warna biru. Tapi sebenernya gue masi bingung penasaran. Pas SD celana pendeknya warna merah; pas SMP warna biru; pas SMA celana panjang warna abu-abu. Merah-Biru-Abuabu. What happen with celana? Jangan-jangan ini konspirasi CIA dengan Indonesia. Soalnya warna merah sama biru kan ada di bendera Amrik. Sementara warna abuabu sebagai pengalihan doang. Hmmm, mencurigakan.

Kalo ga enaknya masuk SMA? Banyak sob. Terpaksa jadi junior lagi, terpaksa gabisa macem-macem dulu selama setaun, terpaksa pasrah kalo digebukin, terpaksa mesti pulang cepet, terpaksa nyari temen baru. Terpaksa, terpaksa, terkapsa, terpasak, tersapak, terkapas, terterterlalu sadis caramu, menjadikan diriku, pelampiasan cintamu. #masihkaraokean #masihsalahtempat

***

Mari gue perkenalkan kepada institusi pendidikan dimana gue akan menghabiskan 3 tahun atau lebih masa remaja gue. Gue bersekolah di sebuah SMA swasta di dareah Zakarta Timur. Nama SMAnya. Hmmm.. Fompimpe Alaium Gambreng. Errr, maksud gue SMA Fompimpe *oke, gue tau kalo gue emang ga jago milih nama*. Singkat aja jadi FP. Bukan FPI bukan FPO, just FP. Selanjutnya akan gue singkat sebagai FP.

Kalo lo liat ini sekolah dari depan gerbang, sepintas lebih mirip PENJARA. Dan.. ga sepenuhnya salah sih.

FP tuh dikenal sebagai sebuah SMA yang strict. Kepseknya misterius. Selama 4 taun jadi kepsek FP, dia nyaris ga pernah senyum. Beneran. Ada yang bilang kalo dia itu setengah manusia setengah cyborg. Gosip-gosipnya sih dia kejam. Bertangan besi. Berkaki logam. Berkuping tembaga. Bergigi emas *lho?* anyway, itu cuman gosip. Gue harus ngerasain kekejaman dia dulu baru dah bisa ngasih penilaian. I have no fear. No fear, baby.

***

Nah, selanjutnya akan jadi 3 hari terberat di kehidupan gue. MOS! Masa Orientasi Seksual. Ups, sekolah maksud gue *maaf kalo garing, abangnya gorengnya kelamaan*. Yep. Udah pasti senior-senior bakal nyuruh bawa benda yang aneh-aneh dah. Ikan mata satu lah, kecoa warna pelangi lah, kutang merek Toshiba lah, kolor merek Crocs lah. Gitu dah.
Mari gue ceritakan 3 hari penuh penderitaan ini secara sistematis:

Day One.

“Nunduk semua!”, “Nunduk lo semua! Gigit kuku masing-masing!” Nah bayangin kata-kata kayak gitu diucapin dengan volume 12 desibel dengan equaliser bass boster. Nyerinyit di kuping? Pastinya. Gue heran. Padahal gue nyampe sekolah masih pagi. Baru jam 6an, tapi para senior udah ngebentak-bentak. Oh dude, mereka mungkin gatau gue begadang ngerjain atribut MOS dan semacamnya. Damn!

Dugaan gue lagi-lagi tepat, para senior ini makin siang makin merajalele. Galaknya makin acakadul. Gue gatau itu galak skenario apa beneran. Kalo itu skenario berarti mereka memerankan peran mereka dengan maksimal, cocoklah main di ftv. Dan ini yang paling brengsek. Mereka ngebuat 5 tata tertib dan peraturan yang harus ditaati.

1. Senior tidak pernah salah.
2. …
3. …
4. …

Poin 2, 3, sama 4 sih tentang sanksi ato apalah, ga se-mengejutkan nomor 1.
Dan poin ke 5 berikut ini adalah peraturan ter-asshole yang pernah gue baca.

5. Jika senior melakukan kesalahan, lihat kembali nomor 1.

Enough with this bullshit. Gue loyo. Ga kuku. Gue tau bakal jadi ayam broiler yang siap disiksa diperkosa terus dipotong. Oh God, please help your child.

Overall gue sepanjang hari cuma bisa manggut-manggut minta maaf sama pasrah pas diomelin senior. Sekalipun gue tau gue ga bersalah. Keadilan akan menang pada akhirnya *padahal engga*.

Day Two.

Ibarat perang, hari kedua tuh gue ibarat jadi gerilyawan Taliban bersenjatakan AK 47 yang diserbu sama pasukan AS yang bersenjatakan Granat Launcher dan benda sejenisnya. Kematian gue tinggal nunggu waktu men.

Bentakan makin parah. Punishment mulai ditagih-tagihin. Tugas makin ga manusiawi. Ah, jago bener nih yang bikin skenario MOS sampe se-ekstrim ini.

Gue jadi korban hari ini. Mari gue ceritakan dalam sebuah dialog.

K= Kobo.
S1= Senior 1
S2=Senior 2

S1: Kok atribut lo begini?
K: Lho, memang salah ya, kak?
S1: Sini atribut lo. *ngambil atribut gue terus disobek kayak nyobek kertas*

Mendadak gue kesel gara-gara atribut gue itu disobek, dan keluarlah kata-kata terlarang.

K: Wah, Anjing juga lo main robek gitu aja! *emosi*
S1: Ngomong apa lo barusan!?
K: Iya, gue bikin susah-susah semaleman, tau-tau maen lo robek gitu aja.

Tiba-tiba S2 dateng.

S2: Ada apaan nih? *sambil ngobrol-ngobrol sama S1*

Dalam sekejap raut wajah S2 berubah
S2: Huh, dari SMP mana lo jagoan? *natep gue dengan tatapan majikan bengis kepada kacungnya*
K: Dari SMP S****A
S2: Ooh gitu, pulang gue tunggu lo!
K: Oke *saking keselnya ampe kaga ada rasa takut*

Dan ternyata pas pulang pun gue ga diapa-apain. Boro-boro diapa-apain, ketemu ntuh orang aja kaga.

Anyway, di hari kedua ini gue dapet punishment yang aneh. Pertama disuruh bawa kecoa 3 warna. Yang kedua disuruh bawa cock warna pelangi.

Day Three

Final day. Welcome to the Paradise. Ini hari yang berat. Gue dateng dengan rasa takut. Takut kalo-kalo senior pada ngegebukin gue sepulang sekolah. Takut kalo-kalo gue dibugilin terus difoto dan dimasukin ke majalah men’s health tanpa dapet royalti.

Dari dua punishment itu, gue cuman bawa satu doang. Cock warna pelangi. Gue warnainnya pake kerayon, biar gampang. Kalo kecoa sih ga gue bawa. Gue ngeri kalo-kalo ntar mereka nyuruh gue makan kecoa itu kayak kontestan Fear Factor. No man, kecuali mereka sediain 50.000 dollar US baru dah lain cerita.

Hmm, paginya gue dan temen-temen seangkatan gue dikumpulin di lapangan. Ada briefing-briefing tai kucing apalah itu. Sialnya, tanpa gue sadari, dari belakang ada senior yang ngelepasin banyak kecoa ke lapangan dari tupperwarenya. Panik to the max. Bukan gue, tapi cewe-cewe. Barangkali mereka histeris karena takut kalo-kalo kecoa itu mungkin bakal merkosa dan ngebunuh mereka *dasar wanita*. Gue panik juga sih sebenernya, takut masuk ke kolor gue terus masuk ke dubur gue hahaha.*kejauhan mikirnya*

Ada juga temen gue yang bawa tikus putih sebagai punishment. Dan seorang senior–entah bercanda atau serius–nyuruh temen gue nelen tuh tikus putih. Gue gatau apakah temen gue ini penyuka makanan mentah atau apa, tapi dengan santainya dia telen tuh tikus beneran. Langsung senior-senior panik dan nyuruh dia ngelepehin ntuh tikus lagi hahaha.

Siang hari, jam 11an. Ini mungkin merupakan salah satu hal paling memalukan di hidup gue. Jadi pas MOS rambut gue rada gondrong gitu, harusnya ga boleh. Jadilah rambut gue digunting ga karuan, dikasi minyak jelantah dan sebagai tambahan, muka gue dibedakin pake bedak apaan tau.

Gue diseret maju ke bagian depan, sementara temen-temen seangkatan gue sedang berbaris dan menatap gue di depan.

Senior: Udah ganteng belom temen kalian ini? *sambil nunjuk gue*

Temen-temen seangkatan gue pada hening.

Senior: Jawab dong! Punya mulut ga sih!

“Punyaaaaaaaa” jawab seangkatan kompak.

Senior: Temen kalian ini ganteng ga sekarang? *sambil nunjuk gue lagi*

“Ganteeeeeenggg” jawab mereka kompak

Gila men, gue tau mereka menjawab karena keterpaksaan, tapi bagaimanapun dipuji ganteng oleh duaratus orang lebih sih, bangga juga hahaha. Lalalalala~

Senior: Yang bener nih? Ganteng apa engga nih temen kalian ini? *sambil nunjuk gue lagi dan lagi*

Gue mulai cemas. Kenapa sih si senior ini harus mengulang pertanyaannya lagi. Udahlah stop. Mereka udah bilang gue ganteng kok….

“Jelekkkkkkk” jawab beberapa murid perempuan yang kemudian diikuti koor massal seangkatan

“JELEEEEEEKKKKKKKKK”.

Senior: Nah, gitu dong. Kompak dan jujur hahahahihihi *ketawa puas ala mak lampir*

Jleb. Jleb. Jleb. Jleb. Yah, lo ngerti lah gimana perasaan gue yang tadinya seneng, tiba-tiba diruntuhkan kayak gunung es di film Titanic.

Pas jam makan siang, kebetulan sambil diselingin sama performance musik oleh alumni sama senior-senior FP. Keren-keren cuy. Ada yang maen rock, pop, sampe puncaknya, musisi-musisi Java Jazz. Waow. Gue ga nyangka, alumni FP hebat-hebat bener.

Sesi terakhir.
Mengitari lapangan sambil nyanyiin mars FP dan lagu MOS. Ada yang pingsan kecapean, ada yang pura-pura lemes. Ah, lemah. Contohlah gue ini. Tidak manja dan tangguh, juga tidak sombong. Rajin menabung, bersedekah dan beramal. Takut pada Tuhan, setia kepada pasangan. Mendambakan seorang wanita pribumi/non-pribumi, usia 26-35 tahun, tinggi 165-170cm, belum kawin. -___- kok jadi gini sih.

Jam 3.
Penderitaan usai. Gue berhasil menyelesaikan Masa Orientas Seksu.. Sekolah. Gue resmi menjadi siswa Fompimpe.


Si Kobo

***

Saat itu gue gatau, gue kira penderitaan udah bener-bener usai; dan sisanya gue bisa hura-hura di sekolah. Tapi ternyata….

(To be Continue)

Next: Bagaimana seorang Kobo akan menjalani kehidupan SMAnya yang penuh rintangan? Sanggupkah ia menjadi siswa teladan yang disayangi guru dan temannya? Nantikan di Gang Bank Chapter 1: Born of The Lucky Bastard.

Entry filed under: Uncategorized.

Perbincangan Tolol Berbagi Puisi #1

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

July 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

