Näkemiin Nokia

July 12, 2011 at 22:25 Leave a comment

Judul di atas sama artinya dengan “goodbye nokia”, näkemiin artinya goodbye, diambil dari bahasa Finlandia, negara dimana produsen Nokia berasal. *via gugel teranseled*

Yeap. Gue gatau seberapa lama lagi Nokia bisa bersaing di dunia per-henponan di Indonesia. Serbuan henpon produksi Cina macem Blueberray, Nexion, Mithoe dkk lagi gila-gilanya. Iklannya gencar banget. Dan gue rasa, nokia bisajadi bakal kalah saing sama henpon henpon “second quality” ini.

Henpon Cina sebagian besar harganya dibawah 1 juta. Tapi, fitur yang ditawarin cukup oke. Keypadnya qwerty, ada yang touch screen pula, belom lagi ada messenger-messengerannya. Buat foto, kameranya ga jelek-jelek amat. Buat denger mp3 juga bisa. Browsing internet juga oke. Nah, lho, dengan budget ngepas, kita tetep bisa punya henpon macem smartphone gitu, meskipun imitasi gitu.

How about Nokia? Hmm, sebenernya harga Nokia juga udah turun, apalagi semenjak invasi blackberray tiba di Indonesia. Kaum menengah-atas yang dulu mungkin hapenya Nokia seri N pada migrasi pake BB semua. Sisanya lari ke Iphone. Yep, Nokia seolah ditinggalin, meskipun jujur aja, dibanding BB, Nokia unggul dari segi fitur-fitur, kecuali fitur BBM.

Sementara itu, kaum menengah-bawah yang hapenya kira-kira Nokia seri 6000an justru banyak yang beralih ke henpon Cina, yang harganya kira-kira sama dengan Nokia seri 6000an, tapi fiturnya lebih ajib.

Gue serius men. Gue kalo naik kereta ekonomi suka meratiin tuh, alay-alay kereta pada suka pake headset buat dengerin MP3. Dan tebak, henpon yang mereka pake ya henpon-henpon Cina.

Sial emang buat Nokia. Indonesia yang dulu jadi salah satu pasar terbesar mereka, kini justru mulai ninggalin Nokia. Nokia emang serba salah. Mereka ga bisa menjangkau pasaran menengah-bawah gara-gara kalah saing sama hape Cina. Padahal gue yakin, kualitas Nokia lebih unggul. Ironis.

Gue jadi inget pas jaman-jaman Nokia lagi jaya-jayanya. Kira-kira dari tahun 2001 sampe 2009. Pastinya kalo pas taun 2003 atau 2004 pake Nokia 6600, pasti bangga banget. Terus N-Gage juga pas sekitar taun 2004/2005, lagi digandrungi abis-abisan sama remaja-remaja penggila game. Terus taun 2006 hape N73 nongol, rasanya kalo megang tuh hape, derajat kita serasa naik cuy. Hahaha.

Kemunduran Nokia mulai kerasa pada period 2009an. Invasi buah Apel dengan I-ponnya, dan buah Belekberi mulai ngeganggu stabilitas Nokia dalam dunia perhenponan di Indonesia. Nokia emang bener-bener sial. Remaja-remaja yang tadinya begitu cinta pada Nokia, dengan mudah meninggalkannya, mereka murtad dan masuk pada sekte belekberi. Padahal gue yakin, mereka pake belekberi tanpa tujuan yang jelas. Ya, sebatas biar dibilang gaul mungkin. Bisajadi. Gue ga maksud buat nyudutin atau nyindir atau apa. Gue sendiri pengguna belekberi. Ya, gue cuma heran aja sama remaja-bocah yang katakanlah umurnya masih 12 taun tapi udah pake BB, bahkan anak SD juga pake. Nonsense abis. Gue aja baru pake henpon pas kelas 1 SMA. Karena emang bener-bener butuh. Lah, bocah 10/11 taun buat apa pake BB yang notabene gadget mahal. Jaga barang aja belom tentu bisa. Except, dibeli pake duit sendiri. *bocah punya duit segitu drmn coba* *kecuali si Baim*

Hmm
Kalo buat gue, bb itu berguna banget. Why? Soalnya ada fasilitas copas. Itu cukup ngebantu gue buat nyari literatur kalo lagi gaada leptop. Itungannya sih kalo udah tingkat mahasiswa BB ya antara penting dan ga penting sih. Tergantung orangnya juga.

Dari sini gue ngeliat, sifat remaja dan anak muda Indonesia yang ‘labil’ dan ‘latah’ lah yang ngebuat Nokia gabisa nyaingin BB and friends. Yea, meskipun sebenernya pengguna Nokia masih cukup banyak di Indonesia, tapi lambat laun bakal kebalap sama BB and friends. Beneran dah.

Keunggulan Nokia yang paling gue salut adalah ketahanbantingannya. Hahaha. Nokia tuh tangguh. Ga kayak henpon lain yang rapuh. 6680 gue contohnya. Udah jatuh puluhan kali masih survive aja tuh, sampe pada suatu waktu, gue dengan gobloknya ngelap tuh hape pake kain basah dan akhirnya tuh hape jadi suka ngehang semenjak itu. -____-

Kalo dulu mah saingannya Nokia cuma Sonice Ericsong doang. Tapi gue tetep pilih Nokia sebagai yang tertangguh, sekalipun waktu itu, hape Soner gue W880i–hape yang tebelnya cuma 1,5cm–sempet kelindes truk ampe 3x dan tetep nyala. Nyala sih, tapi gabisa denger suara orang kalo lagi nelpon, dan ntuh hapenya bentuknya bengkok kayak bulan sabit.-_____-

Hmm. so far sih Nokia masih ngeluarin produk-produk terbarunya macem X5 X2 apalah itu. Bagus sih, kualitas foto videonya bagus, buat denger musik juga oke, internetan juga kece. bong. Tapi entah mengapa, sebagus apapun hape yang dikeluarin Nokia saat ini, gue yakin gaakan mampu untuk nandingin demam BB and friends. Untuk saat ini, lho.

Mungkin gue bisa ngajuin pertanyaan klasik ke elu yang baca post gue ini.
Kalo lo ditawarin Nokia X6 sama BB Gemini, mana yang akan lo pilih?

Andai lo pilih Gemini, bisajadi karena lo butuh BB.

Kalo lo pilih X6, pasti yang ada di pikiran lo adalah menjual hape ini, trus uang hasil penjualan itu lo pake buat beli BB dan kalo ada sisa duitnya pasti bakal jajajn ato beli hape murah.
Intinya sih biarpun dikasih tuh X6 pasti gaakan lo pake hahahaha dan lebih milih belekberi. #ngasal #analisangasal
#terlalu

Memang serba salah jadi Nokia. Atau malah, jangan-jangan kita yang aneh. Sebagai konsumen kadang kita ga bener-bener tau apa manfaat dari gadget yang kita punya. Yang penting gaul aja kalo pake tuh gadget. Sampe akhirnya, gadget yang sebenernya kita bener-bener butuhin, justru ga kita beli/pake.

Intinya sih Nokia perlu bersabar. Nokia perlu bersabar sejenak menunggu badai Belekberi and Friends kembali ke haribaannya. Saat ini Nokia emang mengalami fase from zero to hero to zero again; tapi, gue yakin, mereka akan kembali merajai dunia perhenponan di Indonesia lagi. Suatu saat nanti.
Sementara ini biarkan gue mengucapkan “näkemiin Nokia!” Kutunggu kau kembali.

—-Jakarta, 12 Juli 2011—-

Entry filed under: Pemikiran Bebas. Tags: , , .

Bakmi Koh Amsyong Terima Kasih, Alfred Riedl.

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

July 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

