Bad Goalkeeper

November 19, 2011 at 11:18 Leave a comment

Berhubung banyak orang yang nyuruh gue buat ngelanjutin cerita tentang karir kepenjagagawangan gue, maka sebagai penebusan hutang, cerita ini akan gue lanjutkan huehuehue.

***

Cerita berlanjut pas gue naik ke kelas 2 SMA. Berhubung kelasnya dibagi IPA dan IPS, otomatis murid-muridnya diacak lagi. Dan gue sampailah di kelas 2S3 (2 Sosial 3), dan waw, secercah harapan menghampiri gue, kenapa? Soalnya skuad futsal kelas gue ini kece bener cuy. Gue sekelas lagi sama Erik, tambahannya, di kelas gue ada Nico si prince of soccer dari X1 dan ada BC, si kiper nomor 2 Marsud. Ditambah pemain lain kayak Jason, Richard, Jipi, Agus dll yang main futsalnya juga lumayan.

Sementara itu, kelas lain cenderung ga menonjol banget, kecuali: 2IPA1 ada Anu dan Andre Timy, 2S2 ada Pangeran dan Raby. Dan yang paling bikin gue was-was adalah 2S5. Di 2S5 ada Karno, Dewa, ditambah pemain lain macem Martin, Frendy, Cocok. Tiga nama terakhir waktu itu gue ga tau spesifik kemampuannya gimana, yang jelas rintangan terberat gue adalah 3 kelas itu.

Masuk ke bulan November 2008. Angkatan gue ini ngadain liga kecil-kecilan. Jadi tiap kelas ngadu futsal gitu di Futsal City Kalimalang. Anyway, dari satu angkatan, yang paling menonjol kayaknya 2S5. Mereka unbeatable. Sementara itu kelas gue baru aja kalah tanding lawan 2S2. Harusnya menang, tapi gue blunder 4x, ngoper bola ke lawan, jadilah kalah. Di tengah kekesalan karena kekalahan itu, akhirnya kelas gue ngajak ngadu 2S5 yang hari itu abis tanding juga. Jadilah pertarungan paling akbar di tahun ini dimulai. Kelas gue ketinggalan dulu karena gue masih aja blunder, dan gue terpaksa digantiin Erik, dia jadi kiper. Kedua tim sama-sama kelelahan. Pertandingan sebenarnya antiklimaks, tapi akhirnya dimenangin kelas gue. Dan perlu dicatat, ini adalah kekalahan pertama the invisible class, 2S5. Beda 1 gol doang sih tapi.

Kalender perfutsalan selanjutnya adalah klasmiting bulan Desember 2008. Sama kayak taun sebelumnya, taun ini klasmittingnya pake sistem undian, jadi hoki-hokian dapet futsal atau engga. Dan seusai undian dibagi. Kelas gue masuk rute yang ga asik. Kelas gue nge-bye. Tapi pertandingan pertama gue adalah melawan pemenang 2S5 vs 2A1. Abis itu kalo kelas gue menang kemungkinan lawan 3S3 yang lagi hot-hotnya gara-gara Kevin Cuki sama anak kelasnya lagi on-fire. Rute yang berat, terlebih lagi kalo harus ngelawan 2S5, aroma dendam pasti berasa banget. Ibarat El Classico, 2S5 tuh Barcelona, kelas gue tuh Real Madrid. Dan hari itu 2S5 berhasil ngalahin 2A1 lewat adu pinalti. Kelas mereka solid luar biasa. Karno-Martin-Cocok-Frendy-Dewa. Tibalah kelas gue melawan kelas mereka.

Sebenernya kelas gue lagi ga diuntungkan. Pertama, Nico lagi cedera. Kedua, BC yang siangnya harus tanding ngewakilin Marsud, jadi konsennya kepecah. Ketiga, tim mereka udah tanding duluan, jadi pasti feelnya udah dapet. Pertandingan dimulai, lewat Richard kelas gue berhasil nyuri gol duluan. Namun ga berapa lama Martin berhasil nyamain skor. Dan 2S5 lalu leading setelah tendangan Martin kena badan BC dan berbelok ke arah yang ga gue duga. Erik pun mao ga mao jadi ujung tombak sendirian. Dan ini relatif susah, dua bek mereka, Frendy dan Cocok, susah buat dilewatin. Akhirnya Martin menggenapi hattricknya usai mencetak gol pada akhir babak kedua. 3-1. Sedikit mengevaluasi, tim gue ternyata defensenya rapuh banget. Gaada pemain yang bisa jadi full-defense. Rata-rata naluri menyerangnya yang tinggi.

2S5 sendiri akhirnya takluk sama 3S3 lewat sebuah pinalti kontroversial yang sampe saat ini masih jadi bahan pergunjingan. Dan 3S3 jadi juara setelah ngalahin 3S5 di final.

Sekadar rekap, selama tahun 2008, gue sama sekali ga ikut ekskul futsal semenjak ekskul ini dihandle sama si Pa Agus. Ibaratnya karir gue sebagai kiper Fv, ampir usai.

***

Masuk ke tahun 2009, gegap gempita futsal udah ga se-wah tahun lalu. Rata-rata anak Fv lagi sibuk belajar. Dan klasmit masih bulan Juni. Masih lama. Karno masih ikut ekskul begitu juga dengan anak yang lain, prestasti Futsal fv juga lumayan, runner up di Kanaan Cup, dan waktu itu yang ngelatih si Willy (alumni) bukan si Agus.

Sekitar bulan Mei, gue mendapat kabar aneh. Ternyata, Pa Agus memendam rasa kagum sama Erik. Dia ngerasa Erik punya style main kayak Cipe (eks kapten Fv), dan berharap Erik ikut ekskul. Gue ngasih tau kabar ini ke Erik, dan dia bingung. Gue paksa dia buat ikut ekskul aja, tapi dia kayak ragu gitu. Akhirnya, gue berbesar hati dan berjanji nemenin dia ekskul! Oh, man, terpaksalah gue merendahkan harga diri gue buat sahabat gue yang satu ini hahaha.

Akhirnya, gue ekskul lagi, begitu juga Erik yang akhirnya ekskul. Selama ekskul, gue merasa skill goalkeeping gue terpaut jauh dari BC dan Karno. Gue ga nyangka, ga ikut ekskul satu setengah tahun bisa ngebikin gap sejauh ini. Sementara itu, dalam beberapa kali sparing, Erik selalu jadi pilihan utama Pa Agus, ngegeser pemain lain. Gue ngerinya, pemain lain ada yang iri ngeliat Erik di-anak emasin gitu, tapi kayaknya sih engga ada.

Dan Juni 2008. Momen yang dinanti-nantikan pun tiba. Klasmitting. Prediksi awal gue adalah, klasmitting kali ini akan dikuasai oleh kelas 2. Soalnya gap kemampuan antara kelas 1 dan 2 tuh jauh banget. Lalu gue ngeliat competition chart. Ga enak banget rute gue, pertama harus ngelawan 2S4, trus kemungkinan 2S2, trus kemungkinan (pasti sih sebenernya) ngelawan 2S5. Baru dah final yang kemungkinan lawan 2A1. Rute yang teramat berat, tapi harus coba gue lewati.

Pertandingan pertama ngelawan 2S4 berjalan sesuai rencana. Skor 8-1. Semua pemain yang didaftarin klasmit futsal main. Bukannya ngeremehin S4, tapi perbedaan kualitas pemain emang cukup jauh. Sementara itu, kelas-kelas kayak 2S5, 2S2, 2A1 juga sama-sama menang dengan skor meyankinakn atas lawan-lawannya. Yang mengejutkan cuma 2S1 yang tumbang dari kelas non-unggulan X3.

Pertandingan selanjutnya ngelawan 2S2. Pertandingan ini pada nantinya, bahkan bertahun-tahun kemudian akan dikenang sebagai “Game of The Century of Classmeet”. Yang nonton luar biasa rame. Pinggir lapangan, sampe yang nonton dari lantai 2 rame banget. Cuacanya juga agak mendung dan sejuk. Kedua tim secara historis emang bersaing ketat, bahkan lebih ketat dari persaingan 2S3 dan 2S5. Kedua tim ini siap saling bunuh. Skuad kelas gue: Gue (Kiper), BC, Agus, Nico, Erik. Skuad 2S2: Nidji (Kiper), Raby, Kamser, Pangeran, Ina. Kelas gue unggul di bagian kiper, jelas level antara gue dan Nidji jauh. Tapi 2S2 punya Raby the monkey boy yang agresif, dan ada Pangeran si kapten futsal Fv. It’s gonna be a tough tough match. Kelas gue berhasil unggul 2 gol lewat Erik dan Nico yang ngemanfaatin ketidaksigapan Nidji. Tapi, Ina berhasil menggetarkan gawang gue lewat sebuah tendangan kaki kiri yang terarah. 2-1. Ga lama Pangeran berhasil ngebikin skor seri 2-2 lewat golnya. Yap, gue yakin Pangeran menyimpan dendam dari kekalahan satu setengah tahun yang lalu. Dia main on-fire banget. Sebelum babak pertama usai, Erik berhasil ngebawa kelas gue leading lagi. Skor 3-2. Masuk first half, timbul keragu-raguanan di benak gue. Apakah formasi harus diubah atau engga. Gue pengen ngejadiin BC kiper, tapi entar kelas gue ngga ada bek, sedangkan Pangeran udah tau betul titik kelemahaan gue. Akhirnya gaada pergantian, dan dengan skuad yang sama kelas gue memulai babak kedua. Babak kedua berubah drastis, kalo babak pertama kelas gue yang nguasain pertandingan, kali ini giliran 2S2 yang nguasain pertandingan. Kelas gue digempur terus, dan duet maut Erik Nico mandek. Akhirnya Pangeran berhasil menjebol gawang gue lagi dengan proses yang kurang lebih sama dengan gol dia sebelumnya. Selama 6 menit selanjutnya kedua kelas bergantian nyerang, tapi gaada gol. Sebagai gambaran, situasi pertandingan saat itu sebelas-duabelas dengan pertandingan Italia vs Jerman di World Cup 2006, kedua tim sama-sama gamau ngalah. Bencana buat kelas gue datang di 2 menit terakhir. Memanfaatkan long pass dari Raby, Kamser berhasil ngeheading bola ke gawang gue dan masuk. 3-4 skornya. Kelas gue mulai panik dan langsung agresif, sebenernya Erik sempet bikin gol tapi dianulir wasit. Akhirnya kejadiaan naas yang nimpa Jerman di World Cup 2006 terjadi buat kelas gue, Pangeran berhasil mencetak hattrick dan ngejebol gawang gue dengan gol yang kurang lebih sama kayak gol Del Piero ke gawan Jerman pas World Cup 2006. Kelas gue tumbang dengan skor 3-5. Dan ga berapa lama, hujan pun turun seolah menggambarkan kesedihan kelas gue. Seusai pertandingan, beberapa anak Marsud bilang kalo pertandingan tadi itu pertandingan klasmit futsal paling seru yang pernah mereka tonton. Menurut gue juga harusnya pertandingan tadi jadi final klasmit. Tapi yasudahlah.

Besoknya, di semifinal 2S2 ketemu 2S5. 2S2 harusnya sih pede dan bisa ngalahin 2S5 kalo mainnya sebagus kemarin. Tapi, apa dikata, hasilnya justru antiklimaks. 2S2 kalah 9-0 dari 2S5. Bikin kecewa gue nontonnya, dan jadi berharap supaya kelas gue aja yang lawan 2S5 kalo gini caranya ckck. 2S5 jadi juara setelah ngalahin 2A1 dengan skor 6-3 kalo ga salah. Yang jelas pada klasmit ini, 2S5 ngedominasi abis-abisan, mereka mencetak 26 gol dari 4 pertandingan. Tapi, gue masih yakin kalo kelas gue yang ngelawan mereka di semifinal, hasilnya mungkin ga begitu hahaha.

Begitulah kisah perkiperan gue di tahun ketiga gue di SMA. Secara keseluruhan sih ga bagus, gaada prestasi yang berhasil dicapai, padahal kelas gue punyu skuad yang komplit. Sekali lagi, Gue belum berhasil mengungguli Karno di tahun ketiga gue di SMA. Dan apakah gue akan sanggup mengungguli dia di tahun keempat gue di SMA? Kita tunggu cerita selanjutnya.. (Bersambung)

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , .

Indonesia (Sebenarnya) Bisa A Goalkeeper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d bloggers like this: