Archive for January, 2012

Adam dan Hawa

pernah denger kisah penciptaan manusia melalui adam dan hawa?

yap, gue rasa sebagian dari lo yang baca ini pasti udah tau mengenai ‘tragisnya’ kisah adam dan hawa, diciptain tuhan, menikmati hidup di eden/surga, bikin dosa dah akhirnya dibuang ke bumi. kira-kira begitu kan?

sebenernya ada sedikit kontradiksi dalam kisah adam dan hawa ini. yap, mulai dari keaslian ceritanya, apa bener manusia pertama du dunia tuh adam dan hawa sampe beranak cucu? apa mungkin hanya dari dua manusia tercipta banyak manusia kayak sekarang. susah buat dijawab, gue ga mao maksa lo untuk percaya atau engga percaya dengan hal ini, itu urusan pribadi iman masingmasing orang.

yang jelas, dari kisah adam dah hawa, kita tahu bahwa Tuhan nyiptain manusia dengan segala kesempurnaannya, dan kisah adam dan hawa dikisahkan dengan baik di berbagai kitab suci. tapi, bukan masalah penciptaan itu yang mao gue bahas di sini.

gue lebih tertarik ke hubungan antara si adam dan si hawa. sekalipun kita gabisa tau adam sama hawa beneran ada atau engga, tapi relasi mereka berdua sebagai manusia pertama tuh menarik.

sekarang gue nanya sama lo yang baca post gue ini, di antara adam dan hawa, siapakah yang cintanya lebih gede? adam apa hawa?

kalo buat gue, adam jauh lebih mencintai hawa, ketimbang si hawa mencintai si adam. Inget pas si hawa makan apel pemberian ular iblis, padahal udah dilarang sama Tuhan? but, yep she still did it. dan lo tau kan apa yang dilakukan hawa selanjutnya. doi panik, resah, galau, dan ujung-ujungnya curhat ke adam kalo dia udah berbuat dosa.

nah sebagai seorang cowo, adam harusnya punya beberapa pilihan menyikapi curhatan si hawa ini:

a. kamu bandel sih yang, jadi kena dosa deh, yaudah minta maaf sono ke Tuhan
b. pe’a lu dasar, jangan bilang lu ngajak gue bikin dosa juga?
c. kamu tenang aja, nanti kalo kamu dibuang ke bumi, jaga diri baik-baik ya
d. yah, kalo kamu dibuang ke bumi, aku “begituan” sama siapa dong? yaudah deh, sini biar aku makan juga apelnya, biar kita sama-sama dibuang, jadi kita masih bisa “begituan”.
e. kalo kamu mati, aku mati. kalo kamu dibuang, aku juga harus dibuang. sini apelnya, kamu belahan hatiku, kita ga boleh dipisahhkan.

tararat. itu opsi imajiner yang gue rasa ada di pikiran adam saat itu, gue rasa sebagai seorang manusia, opsi a-c itu wajar, opsi yang ga mau ikut dirugiin. opsi d juga logis, nunjukin kalo cowo dan cewe perlu untuk menuhin kebutuhan biologis, dan demi itu mereka bisa ngelakuin apa aja. opsi e bener-bener opsi imajiner, gue gatau apa di jaman sekarang ini ada manusia yang mau milih opsi kayak gitu, tapi mungkin aja sih, demi cinta apapun bisa dilakukan.

dan pada akhirnya, adam ikut makan apelnya dan diusir dari Eden. motivasinya? apakah sekadar cinta atau napsu, kita ga bisa tau.

di sini gue mao nunjukkin, seorang pria bisa lemah banget sama seorang wanita, dan gue rasa poin penting ini sering ga disadarin sama orang yang tau kisah adam dan hawa, kebanyakan terbuai sama keajaiban tuhan menciptakan semesta dan manusia, poin terpenting tentang pengorbanan adam malah dianggep sepele. padahal, gue rasa ini hal terpenting di kisah ini, dan pengorbanan adam ini sering banget terjadi di jaman sekarang, satusatunya bagian dari kisah penciptaan adam dan hawa yang abadi dan realistis ya cuma pas bagian hawa berbuat dosa terus ‘ngajak’ adam nemenin dia bikin dosa juga.

itu cuma pandangan gue doang, engga bermaksud menyesatkan atau apa, tapi emang pengorbanan adam itu bener kan? andaikata dibalik, adam yang bikin dosa duluan, mungkinkah hawa mao diajak ikut bikin dosa juga. gue ga yakin. gue gamao bilang kalo cewe lebih egois dari cowo, tapi beberapa cowo emang dalam situasi kayak adam, pasti ga berdaya di depan cewe. atau mungkin malah lo pernah ngalamin hal yang gue bilang tadi.

still, mereka yang bikin cerita adam dan hawa di jaman bahela sungguh cerdas, seolah-olah si ‘pembuat cerita’ udah tau kalo sampe kapanpun, laki-laki pasti akan takluk di tangan wanita hehehe.

January 5, 2012 at 14:20 2 comments


Visitor

Date of Post

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031