Minnesota Timberwolves: Living Without Love

October 20, 2012 at 16:52 1 comment

Ini mungkin post kedua gue yang ngulas tentang dunia perbasketan. Yang
pertama tentang tokoh anime Slam Dunk dengan tokoh nyatanya di NBA.
Dan kali ini gue mao ngebahas tim basket favorit gue saat ini,
Minnesota Timberwolves.

Jadi, gue udah mulai kenal dunia basket dari jaman Ps1, pas NBA Live
2003 (yang covernya si Jason Kidd) nah darisitu gue mulai suka sama
basket, game basketnya terutama. Sempet maen basket juga pas smp, tapi
terus ga lanjut lagi, gara-gara ga nambah tinggi padahal gue mao jadi
Center -_-

Eniwei, gue sendiri mulai getol ngikutin NBA pas playoff 2006, yang
finalnya Dallas Mavericks vs Miami Heat. Gue fans Mavs waktu itu, Dirk
Nowitzkinya sih. Pokoknya gue tiap maen NBA paling suka pake Mavs di
West dan Atlanta Hawks di East. Dan gue kesel di final itu Mavs kalah
setelah ‘dicurangin’.


Setaon vakum ngamatin NBA, baru pas playoff 2008 gue ngikutin lagi,
soalnya NBA lagi hot garagara blockbuster tradenya Celtics atau Suns
yang ngerekrut O’Neal. Pada akhirnya Celtics juara dan gue ikutan
seneng Lakers kalah (gue ga suka Lakers hoho). Ngikutin juga playoff
2009 dan playoff 2010, tapi reguler seasonnya ga gue ikutin. Baru deh
pas pertengahan reguler season 2010-2011 NBA gue ikutin updatenya tiap
hari. Gara-gara apa? Gara-gara Kevin Love!

Okey, waktu itu gue emang masih fans Mavs bahkan sampe mereka juara
NBA 2011 gue masih fans berat, tapi uniknya pemain favorit gue bukan
dari Mavs tapi si Kevin Love yang notabene pemain Minnesota
Timberwolves. Kok bisa?

Jadi gini, gue adalah penggila statistik pemain NBA. Statistik favorit
gue adalah rebound, entah mengapa gue suka. Dan si Kevin Love ini
adalah pemain pertama yang bikin 30-30 (30 poin, 30 rebound) dalam
25taunan terakhir. Terus gue mulai ngepoin ini pemain dan emang dia
pemain yang ngga biasa. Dia power forward yang rata-rata poinnya 20
per game, dan reboundnya 15 per game. Terakhir kalo ada pemain yang
punya rata-rata poin dan rebound sebanyak itu si Moses Malone di era
80an. See? Impressive isn’t it?

Yang tambah bikin kagum, dia itu pemain kulit putih. Udah jadi rahasia
umum, kalo dari taun 60’an jarang ada pemain kulit putih yang bisa
jadi rebounding leader di NBA. Dan asal elu tau, gue fans berat Wilt
Chamberlain dan Dennis Rodman, jadi ga heran gue jadi fans Kevin Love
juga.


Sayang aja Timberwolves tim yang lagi ancur saat itu. Meskipun awal
2000an sempet jadi salah satu penguasa wilayah Barat dengan Kevin
Garnett sebagai leadernya. Sampe sekarang pun Kevin Garnett masih jadi
pemain terbaik sepanjang masa Timberwolves (wolves lahir 1992). Masuk
ke season 2011-2012 gue memutuskan untuk murtad dari fans Mavs jd
Wolves.


Separuh awal musim itu gue bener-bener bersyukur jadi fans Wolves.
Mereka ternyata punya tim muda yang lumayan hebat, terutama Ricky
Rubio, rookie point guard asal Spanyol yang memulai karir basket
pronya di Eropa pas umur 14! Belom lagi center Nikola Pekovic, yang
secara statistik apa gitu adalah center terefektif setelah Dwight
Howard dan Andrew Bynum. Dan Kevin Love averaging 26 points and 13
rebounds, what an impressive number.

Breakdown Timberwolves terjadi pas Rubio cedera sekitar awal Maret.
Abis itu Wolves jadi terus-terusan kalah, meskipun di salah satu game
of the year NBA, dimana Wolves vs Thunders, Kevin Love berhasil
mecahin franchise rekor yang dibikin Garnett, dengan 51 poin. Tapi ga
lama, Love dan Pekovic cedera. Hancurlah musim Timberwolves yang
awalnya dimulai dengan brilian.

Kevin Love sendiri finis sebagai top 4 point per game, runner up
rebound per game, dan 6th in MVP voting. Pencapaian individual yang
cukup oke buat dia, sekaligus meligitimasi dia sebagai best power
forward in NBA. Puncaknya dia ikut serta di tim nasional basket USA
dan meraih gold medal olympic. Kevin Love punya rebound per game
terbaik sepanjang olimpiade..

Off season Timberwolves juga luar biasa bagus. Mereka ngebuang ‘junk’
semacem Darko Milicic, Michael Beasley, Wes Johnson, Martell Webster,
Wayne Ellington, Anthony Randolph and Anthony Tolliver. Sebagai
gantinya mereka sukses ngerekrut bekas 2007 rookie of the year Brandon
Roy. Duo Russia Alexey Shved dan Andrei Kirilenko, sharpshooter and
athletic player Chase Budinger, serta bigman semacem Greg Stiemsma,
Dante Cunningham, Lou Amudson.

Pre-season mereka juga berjalan efektif dan manjur. Udah klop dan
ready buat bertarung di season 2012-2013, tentunya sambil nunggu Rubio
sehat dan mereka bisa jadi top contender wilayah Barat yang makin lama
makin sengit.

Malang beribu malang. Menjelang pre-seasin match kelima mereka vs
Chicago Bulls, Kevin Love ngalamin cedera tangan kana yang bikin dia
harus absen 6-8 minggu, dalam arti lain dia harus vakum sepanjang
November (10-15 match). A huge huge blow to Minneapolis. Di saat
mereka udah siap nyongsong musim ini, jagoan andalannya cedera, dan
secara psikis tentunya ngeganggu pikiran pemain lainnya, muncul
ketakutan gagal playoff akan muncul prematur gara-gara cederanya Kevin
Love. Entah mengapa kesialan seolah gamao pergi dari Minneapolis. Tapi
bagaimanapun gue akan dukung Wolves musim ini, the question is: can we
survive without Love? Can we live without Love? I hope so.

Entry filed under: Uncategorized.

Mahasiswa Tanpa Kuasa Heiho

1 Comment Add your own

  • 1. Rey (@Rakareyhandika)  |  May 3, 2014 at 10:45

    Sama gan gua juga seneng sama Wolves apalagi sama Ricky Rubio seneng ane sama umpan umpanya wow amzing “The Art Of Assist”

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Visitor

Date of Post

October 2012
M T W T F S S
« Jun   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

